Pages

Monday 10 October 2011

Visioning organisasi

· Mission : setiap perusahaan biasanya mempunyai misi. dan misinya pasti mengenai kebaikkan perusahaan, walau terkadang dibuat dengan cara yang berbeda.

· strategic architecture

· Setelah membuat misi dan visi, menurut gary hame dan ck prahalad, selanjutnya yang harus dilakukan agar masa depan perusahaan tercapa adalah dengan cara membangun misi dan visi tersebut. maka dibuatlah yang namanya architecture strategy.

· sebelum membuat kerangka strategi tersebut maka harus ditetapkan terlebih dahulu mimpi, mind set atau visi dan konsep yang ingin dicapai.

· Visioning organisasi: hal yang mempengarhui pemikiran strategi adalah TQM, teamwork, fokus pada konsumen dan lain sebagainya.

· contoh visi: henry ford 'menyediakan alat angkut yang terjangkau oleh semua orang'. Fred Smith (fedex) 'menjadi sebuah perusahaan informasi'

· Catatan yang perlu digaris bawahi dari visi:

· harus realistis dan kredibel

· dinyatakan dengan jelas dan merupakan tugas yang kritikal dalam proses perencanaan strategi

· dan juga harus dikomunikasikan, diinternalisasikan lalu kemudian dieksekusi bersama.

· Ciri-ciri Misi:

· menunjukkan bisnis utama perusahaan. misalkan levi S 'branded casual apparel'. ebay 'trading communities'. paramount 'in the businees of communication, not making movies'.

· Mencerminkan karakter dari perusahaan. misalkan wal-mart 'provide value to customers'. HP 'to make a contribution'. motorola 'total customer satisfaction'.

· Memberikan sinyal perbuahan radikal perusahaan

· misi adalah konstitusi perusahaan. tapi konstitusi tak ada gunanya bila tidak dikonversi dalam tindakan.

No comments:

Post a Comment