Pages

Wednesday 23 February 2011

MANAGEMENT ATTRIBUTES OF IMPLEMENTING AN ERP SYSTEM IN THE PUBLIC SECTOR

Abstrak

Enterprise resource planning sistem sulit dilakukan pada suatu sektor pemerintahan.

Dalam jurnal ini dilakukan suatu survey untuk mengidentifikasi atribut manajemen yang mampu menunjang diterapkannya sistem ERP dalam sektor pemerintahan.

Pendahuluan

Perubahan teknologi dalam bisnis mendorong adanya perubahan dalam bisnis itu sendiri.

Pemerintah Guam mendorong setiap perusahaan agar melakukan perubahan dan pengembangan dalam berbagai hal seperti sumber daya manusia dan produk yang dihasilkan.

Agar ERP dapat diterapkan dalam badan usaha milik negara, manajemen harus dapat mendukungnya.

Terdapat beberapa halangan hingga menjebabkan Sistem ERP gagal diterapkan pada badan usaha milik negara akibat dari tidak turut sertanya top manajemen (Fisher, 2002).

Tujuan

2 Tujuan survey tersebut adalah sebagai berikut:

Karakterisik top manajemen yang seperti apa yang berhubungan dengan kesuksesan implementasi ERP pada BUMN.

Karakterisitk manajemen proyek yang seperti apa yang berhubungan dengan kesuksesan implementasi ERP pada BUMN.

Metodologi

Sebuah survey online untuk mengetahui secara kuantitas tentang tentang presepsi dan perilaku dari sebuah manajemen jika sistem ERP diterapkan.


Kesimpulan

Keahlian dan pengetahuan manajer proyek Project tentang ERP sistem dan tetap menginformasikan status ERP pada karyawannya mempengaruhi kesuksesan ERP terhadap perusahaan.

Kesuksesan ERP tidak dipengaruhi oleh pengetahuan top manajemen pada reaksi pegawai dan pengetahuan manajer proyek tentang bagaimana berhubungan dengan top manajemen.


Sumber:

MANAGEMENT ATTRIBUTES OF IMPLEMENTING AN ERP SYSTEM IN THE PUBLIC SECTOR,

Doreen T. Crisostomo, University of Guam

Journal of International Business Research, Volume 7, Special Issue 2, 2008


Informasi:

Tulisan ini merupakan tugas dari Matakuliah Magister Teknik Industri Universitas Indonesia dengan Nomor matakuliah : IES8210852 Manajemen Sistim Informasi. dan dengan alamat blog Dosen yaitu Ir. M. Dachyar M.Sc

www.mdachyar.blogspot.com


6 comments:

  1. Dear Mbak Ilma,
    Bisa dijelaskan dalam bidang usaha apa pemerintah membutuhkan ERP?

    Salam,
    Eka Kartika Kd

    ReplyDelete
  2. Mba Ilma, bisa dijelaskan proses atau tahapan didalam memulai penerapan ERP.

    Salam,

    Purdianta

    ReplyDelete
  3. Dear Ilma, implementasi di ERP sangat berguna terutama di bidang pelayanan sosial. Terima kasih atas artikel yang mencerahkan, saya berharap ada pihak pemerintah yang membaca artikel ini biar "ngeh" kalo di bidang pelayanan sosial banyak yang harus di"ERP"-kan, terutama di Jakarta.

    Terima kasih - Wassalam (Ferry Sidauruk)

    ReplyDelete
  4. Mba Ilma, yang saya tau sejauh ini hanya BUMN PT.Garuda indonesia yang telah menggunakan ERP yaitu SAP, itu pun dalam implementasinya sendiri membutuhkan persiapan waktu yang cukup lama, dan pada saat goal live na pun masih ada kendala yang membuat opearation mereka berhenti. smoga dengan adanya artikel ini, jadi gambaran untuk pemerintah dapat mengimplementasikan ke seluruh departemen2nya.

    Thanks,
    dEwa

    ReplyDelete
  5. Mbak Ilma,artikelnya "nice" karena membahas implementasi ERP di sektor pelayanan publik yang masih sangat jarang diimplementasikan di Indonesia. Agar artikelnya menjadi lebih komprehensif, saran saya adalah menambahkan penjelasan mengenai peranan yang harus dijalankan oleh setiap stakeholder yang ada di dalam perusahaan/ BUMN dalam rangka mendukung keberhasilan implementasi ERP. Thanks.

    ReplyDelete
  6. Dear Mbak Ilma,
    Blognya menarik karena banyak posting article2...
    Mengenai penerapan ERP ini, apakah akan ada objection dari orang2 di pemerintahan karena kalau ERP di implementasikan, tidak bisa lagi ada biaya2 under table dan semua transparant ? :-)

    ReplyDelete