TQM (Total Quality Management )
Definisi:
Manajemen kualitas total adalah suatu suatu pendekatan manajemen untuk suatu organisasi yang terpusat pada kualitas, berdasarkan partisipasi semua anggotanya dan bertujuan untuk kesuksesan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan serta memberi keuntungan untuk semua anggota dalam organisasi serta masyarakat.
Kata kunci:
- Suatu perbaikan secara berkelanjutan dalam setiap fungsional secara praktis dan menyeluruh yang dilakukan baik pada bidang manufaktur ataupun bidang jasa.
- Manajemen kualitas total adalah bidang ilmu yang merupakan irisan dari ilmu statistik, marketing, dan Organisasi Industri.
Definisi:
Manajemen kualitas total adalah suatu suatu pendekatan manajemen untuk suatu organisasi yang terpusat pada kualitas, berdasarkan partisipasi semua anggotanya dan bertujuan untuk kesuksesan jangka panjang melalui kepuasan pelanggan serta memberi keuntungan untuk semua anggota dalam organisasi serta masyarakat.
Kata kunci:
- Suatu perbaikan secara berkelanjutan dalam setiap fungsional secara praktis dan menyeluruh yang dilakukan baik pada bidang manufaktur ataupun bidang jasa.
- Manajemen kualitas total adalah bidang ilmu yang merupakan irisan dari ilmu statistik, marketing, dan Organisasi Industri.
Cakupan Manajemen Kualitas Total
Manajemen kualitas total mencakup 2 hal dalam melakukan perbaikan secara berkelanjutan yaitu:
1. Quality Assurance
a. Control
b. Planning
2. Quality Insurance
a. QCC
b. FMEA
Mbak Ilma, mungkin bisa ditambahkan Critical Success Factor aplikasi TQM
ReplyDelete